Monday, August 19, 2013

Jasa Pernikahan - Wedding Organizer

Jasa Pernikahan atau Wedding Organizer adalah istilah untuk jasa profesional penyelenggara acara pernikahan mulai dari persiapan sampai dengan hari H.  Meski bisa dialihbahasakan, namun umumnya istilah aslinya tetap dipergunakan. Atau untuk mudahnya disebut WO Pada dasarnya, tugas dari WO. adalah membantu kliennya (client) untuk dapat menyelenggarakan acara pernikahan yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien, namun penggunaan jasa WO. juga dimungkinkan dengan alasan agar penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya lebih bagus daripada bila dikerjakan sendiri.

WO dalam konteks sebagai sebuah bisnis memiliki definisi sebagai berikut : Usaha dalam bidang jasa pernikahan yang secara sah ditunjuk oleh clientnya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client dengan membuat acara pernikahan.

Beberapa tahun yang lalu WO dianggap sebagai satu trend dalam pelaksanaan pesta pernikahan namun saat ini kehadiran WO sangat dibutuhkan oleh calon pengantin, terlebih melihat banyaknya vendor yang berkaitan dengan pesta pernikahan mulai dari Gedung, Catering, Dekorasi, Perias, Baju Pengantin dan Orang Tua, Penari Adat, MC, Sound System, Group Band, Multimedia, Photo dan Video, Souvenir, Undangan, KUA, dan banyak lagi yang harus dipersiapkan dengan baik, terutama run down acara yang harus dilaksanakan secara teliti dan mendetail.

Untuk sebagian orang kehadiran WO dirasakan masih sangat mahal, namun kalau dilihat lebih jauh keterbatasan SDM yang bisa dilibatkan dalam kepanitiaan serta kesibukan masing-masing yang membuat waktu dan tenaga begitu berharga. Apalagi kalau melihat kerumitan mengkordinasikan semua kebutuhan vendor dalam satu acara yang sangat sakral dan penting. Menurut pengalaman yang ada "harga" dari jasa WO sebenarnya sangat masuk akal melihat tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada jasa WO itu sendiri dalam mensukseskan acara pernikahan ini.

Dengan adanya jasa Wedding Organizer semaksimal mungkin akan membantu mensukseskan acara pernikahan mulai dari lamaran, acara adat, acara akad nikha, sampai dengan acara resepsi di gedung atau dirumah kediaman. Untuk itulah jasa WO semakin dibutuhkan oleh calon pengantin.

Bagi calon pengantin yang membutuhkan jasa WO yang perlu diketahui adalah profil dari WO itu sendiri, kemudian Portfolio event wedding yang pernah ditangani dan jangan segan untuk mengetahui testimoni dari WO yang bersangkutan agar para calon pengantin dari awal harus merasa nyaman dengan vendor WO tersebut, dan jangan segan-segan untuk mendiskusikan budget yang harus dikeluargan disesuaikan dengan kebutuhan, apakah cuma 1 hari pada saat resepsi saja atau all in dari persiapan sampai hari H.

Semoga artikel ini bisa menjadi masukan untuk anda yang membutuhkan jasa pernikahan.

teks: @taufikarmand

No comments:

Post a Comment